Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Health

Health Mencegah lebih baik dari mengobati. Cari tahu dan tanya jawab tentang kesehatan, medis, dan info dokter disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 5th March 2011
volix's Avatar
volix volix is offline
Enthusiast
 
Join Date: Mar 2011
Location: Jakarta
Posts: 2,261
Rep Power: 29
volix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important personvolix is very very important person
Default Susu kurangi Risiko Diabetes


Dengan mengonsumsi banyak makanan-makanan produk susu, risiko terkena penyakit diabetes tipe-2 bisa dikurangi.


Penelitian terbaru mengatakan orang-orang yang banyak mengonsumsi produk persenyawaan susu memiliki risiko 60 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak. Kesimpulan ini ditarik berdasarkan pada data kesehatan selama sekitar 20 tahun dari 3.736 orang terdaftar pada lembaga penelitian kesehatan kardiovaskular di National Heart, Lung, and Blood Institute.


Produk susu, termasuk keju, mentega, atau yogurt, memiliki komponen senyawa yang disebut asam trans-palmitoleat. Perputaran asam trans-palmitoleat di dalam tubuh secara terus-menerus akan meningkatkan kestabilan tingkat kolestrol dalam darah, juga menjaga insulin (gula darah) tetap pada level sehat.


Studi-studi sebelumnya memang tak pernah mengaitkan konsumsi susu dengan penurunan tingkat risiko diabetes tipe-2. Sebaliknya justru dokter dan ahli-ahli kesehatan menyarankan para pasien diabetes ini melakukan diet atas produk susu berlemak. Padahal asam trans-palmitoleat ditemukan dalam lemak susu.


"Tidak ada penjelasan biologis tentang itu pada studi terdahulu. Ini pertama kalinya hubungan asam trans-palmitoleat itu dengan risiko diabetes dipelajari," terang Dariush Mozaffarian, peneliti dari Harvard School of Public Health yang bekerja sama dengan sejumlah institusi kesehatan lain mengadakan penelitian ini.


Eksperimen pada hewan telah menunjukkan asam cis-palmitoleat--yang merupakan pasangan bagian asam trans-palmitoleat--menjadi pelindung terhadap diabetes, tambah Mozaffarian pula.


Penelitian akan dilanjutkan untuk semakin mengkaji dan mendalami. Sekarang ini telah ada sejumlah institusi nasional yang mendukung pengembangannya.


Sumber: Harvard School of Public Health
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


Terkait
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Rajin Minum Susu Saat Sekolah Kurangi Risiko Kanker Usus atheis Tips kesehatan 2 30th January 2019 08:44 AM
Cabai Bisa Kurangi Risiko Kanker semarang Tips kesehatan 1 26th December 2018 09:04 AM
Kopi Kurangi Risiko Diabetes pada Wanita ACHUNK90 Health 0 16th August 2011 12:22 AM
Penghijauan, Kurangi Risiko Kebakaran blue paradise Save Our Planet 3 20th January 2011 11:33 AM
Kurangi Risiko Diabetes dengan Kopi ich Internasional 2 18th June 2010 12:52 AM

 


All times are GMT +7. The time now is 03:14 AM.